BLONOTE - TABLO [Review Buku]


Siapa penggemarnya Epik High dan Tablo disini? Sesungguhnya aku bukan penggemar bahkan aku tidak mendengarkan lagu-lagunya. Mungkin pernah mendengar tapi aku lupa :D. Aku hanya sering mengetahui namanya saja sejak dulu aku sering sekali berselewiran di dunia ke-Korea-an. Oh aku inget, aku pernah mendengar Tablo bernyanyi bersama Taeyang untuk lagu Eyes Nose Lips milik Taeyang, karena sesuka itu aku sama lagunya.

Nah kali ini aku tidak sedang ingin membahas Tablo dengan lagu-lagunya. Aku ingin membahas buku karangan Tablo yang baru saja di terjemahkan dan diterbitkan dalam Bahasa Indonesia oleh penerbit Shira Media. Buku ini berjudul Blonote. Bisa dibilang buku ini bukanlah buku baru. Blonote pertama kali diterbitkan di Korea Selatan pada tahun 2016. Namun baru diterbitkan di Indonesia pada bulan September 2021 yang lalu.

Yang pasti, Blonote masuk jajaran buku #whatbtsreads karena pada tahun 2016, Tablo memberikan buku bertanda-tangan kepada Kim Nam-joon secara langsung, leader dari BTS. RM (sapaan erat dari Kim Nam-joon) melalui ungguhannya di Twitter terlihat memeluknya dalam genggaman dan sangat-sangat senang menerimanya. Yes, dipeluk guysssss. Epik High merupakan artis yang menjadi titik RM menyukai musik ketika ia berumur 11 tahun. Apalagi ya dia pecinta buku, ya pasti seneng dong dapat buku bertanda-tangan pula dari artis yang digemarinya. Dulu ngefans sekarang berteman dekat!! Aku percaya member BTS lainnya pun pernah membaca buku ini. Mungkin (ini mungkin loh ya, hanya asumsiku semata) Suga pernah, apalagi Suga pun sekarang dekat sekali dengan Tablo.

Blonote masuk kedalam jajaran buku non-fiksi self-help yang berisi cerita singkat, ekspresi, kutipan, dan pemikiran yang disampaikannya saat menjadi penyiar radio di program Tablo’s Dreaming Radio. Blonote sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris sejak tahun 2016 serta memiliki review yang bagus di aplikasi Goodreads. Ok, seperti review buku ku yang sebelumnya aku akan lebih menitikberatkan akan apa yang aku sukai dan tidak kusukai. Untuk detail dari buku ini sendiri sebenarnya sudah banyak berseliweran di Google. Hehehe.




Yang Disukai

Pertama, selalu aku mengulas dari segi desain duluan ehehehehe. Covernya bikin jatuh hati. Walau memang berbeda dari cover versi Korea aslinya yang lebih ke warna pink muda, cover hijau tosca tua kebiru-biruannya dari terjemahan Indonesia juga memikat hati banget!!!!

Kedua, isinya yang tidak biasa. Jadi bentuknya itu kayak kumpulan quote. Jadi kalau temen-temen lihat buku-buku ala kumpulan quote, nah seperti inilah isi buku Blonote. Desain isi bukunya simple tapi sarat makna gitu. Dan didalamnya juga terdapat beberapa kutipan tulisan tangan dari orang-orang terkenal Korea loh. Walaupun isinya kumpulan quote tapi nggak ngebosenin karena ya itu tadi, tata letak atau desain perhalamannya variatif walau simple. Dan dipercantik dengan tulisan-tulisan tangan yang tadi.

Ketiga, makna setiap quote nya itu ampun deh relatable. Isinya nggak soal cinta-cintaan tapi soal kehidupan sehari-hari. Ada yang tentang diri sendiri, tentang teman, tentang keluarga, tentang kehidupan bekerja, dan lain sebagainya. Walau ya itu tadi bentuknya “quote” tapi hampir semua isinya aku tandain. Halaman-halaman kertasnya menampar keras kehidupanku. Terutama soal menghadapi hidup. Well nggak semua isi buku ini sesuai dengan prinsipku siyh tapi overall masih bisa diterima.

Keempat, penggunaan Bahasa yang mudah di cerna. Saduran Bahasa Indonesianya walaupun berbentuk frase-frase kalimat atau quote semi puitis, buatku yang tidak terlalu menyukai jenis tulisan yang “poetic”,  buku ini gampang dimengerti dan mudah ditarik artinya. Yang aku tangkap siyh antara quote yang satu dengan yang lain tidak beralur. Jadi mau mulai dari mana aja pun maknanya tetap dapet dari setiap quote yang dibaca. Jadi seru juga seandainya ingin cari quote of the day random gitu . Ohya ini yang paling penting. Bahasa terjemahannya itu nggak sulit sama sekali. Buku ini cocok buat yang belum pernah baca buku tapi pengen baca buku non-fiksi. Udah gitu bisa dibaca dalam sekali duduk.


Yang Tidak Disukai

Ada satu hal yang tidak kusukai. Yaitu dibeberapa bagian yang memang tidak sesuai dengan prinsipku itu tadi. Tapi sekali lagi, itu nggak banyak. Kayaknya hanya 1 atau dua bagian saja. Mungkin kamu-kamu yang nanti membacanya lebih related. Paling ya akan lebih seru lagi kalau banyak ilustrasi-ilustrasi didalamnya untuk lebih mudah lagi dicerna. Pasti tambah seru dan memikat.



Quote Favorit

Berikut ini adalah tiga quote favorit dari buku ini. Yang pada saat pertama kali aku baca, aku bener-bener terdiam seribu Bahasa dan merenung agak lama. Beneran dah kayak kertas namparin dengan keras.

 

Jika kamu ingin orang-orang senang belajar, buatlah dia seperti membaca buku di dalam pesawat. Terkurung, tetapi dibawa terbang. 

Beberapa orang jatuh cinta, bukan karena hati, bukan karena raga, tapi karena waktu yang dilalui bersama. 

Buka telingamu dan tutup matamu, maka akan ada banyak hal yang dapat kamu lihat.

 

Kasih Rating Berapa

Jadi untuk buku ini aku kasih rating 4 dari 5 karena pertimbangan hal-hal yang disukai dan hal yang tidak disukai diatas. Buku ini ibaratnya kayak ngobrol sama temen deket dengan segala kegundahan kita namun tidak menghakimi. Mungkin kamu berpikir kalau buku-buku yang dibaca BTS (apalagi RM) berat-berat?? Eit jangan salah, buku ini menurutku sebagai bacaan ringan namun valuenya tinggi. Jadi boleh yuk dibeli dan dibaca bukunya kakak. Tablo eh Blonote keren banget!!


Borahae

Sandrine JB - @sanwalibrary - @whatbtsreads

You Might Also Like

0 comments