Review: 1 cm Between You And Me


1 cm Between You And Me1 cm Between You And Me by Kim Eun Ju
My rating: 4 of 5 stars

Buku kedua dari challenge #whatBTSreads di tahun 2021.
Actual Rating: 3.5 tapi dibulatkan jadi 4.

Tentang Buku
1cm Between You and Me adalah sebuah esai self-help tentang cinta. Esai ini banyak mengungkapkan bagaimana perasaan seseorang ketika pertama kali bertemu orang yang disukai, jatuh cinta, menjalin hubungan cinta, naik-turun dalam hubungan tersebut, bahkan jika berpisah. Buku ini pernah dibaca oleh Jung Kook. Aku belum pernah ketemu sumber aslinya, hanya di link ini menyebutkan bahwa Jungkook mendapatkannya dari salah seorang fans (mungkin disekitar tahun 2017??).

Opini Terhadap Isi Buku
Aku memberikan bintang 3.5 karena aku sulit mencerna kalimat yang dirangkai dalam sekali baca sehingga membuatku bosan. Bukan tidak bagus, hanya penyusunan kalimat untuk orang yang terbiasa membaca praktis, membuatku susah mencernanya. Kisah cinta yang diutarakan penuh analogi sehingga butuh waktu untuk menyerap lebih dalam.

Aku jarang membaca esai siyh ya. Jujur aku bertemu dengan kata esai, aku langsung teringat tentang tugas-tugas yang kulakukan saat kuliah. Kesannya panjang, ribet, dan bahasa yang berat buatku. Tapi buku ini memang cocok disebut esai karena arti esai itu sendiri (cek KBBI ya). Bentuknya ya memang esai yang merupakan potongan-potongan uraian tentang cinta dalam berbagai sisi. Mmm mungkin rasanya seperti baca artikel di blog ya. Tapi aku jadi penasaran kalau dalam bahasa aslinya sendiri pengutaraan kata-katanya kayak apa. Tapi aku nggak bisa bahasa Korea, hwehehehehe.

Mungkin buku ini cocok untuk mereka yang sedang dalam hubungan cinta masa muda. Tapi bukan berarti yang sudah berumah tangga tidak mendapatkan apapun dari buku ini jika sudah membacanya. Aku sebagai yang sudah berumah tangga sangat tertampar dengan penyatuan perbedaan yang diutarakan dibuku ini (walau ada bagian-bagian yang tidak sepaham denganku tapi aku tetap mengapresiasinya). Ditambah lagi aku memetik pelajaran bahwa tidak ada yang instan termasuk dengan cinta itu sendiri. Mencintai dan dicintai butuh proses yang konsisten.

Kesan Terhadap Desain Buku
Ini yang membuat faktor bintang dariku lumayan tinggi karena isi ilustrasinya lucu-lucu banget. Mengingatkanku saat baca buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini NKCTHI. Tapi yang ini tidak ilustrasi semua ya. Penggambarannya terhadap nona dan tuan beruang yang berbeda warna pun sangat bagus. Arti yang kudapat adalah betapa dua karakter berbeda bisa bersatu karena cinta. Kurasa kalau tidak ada ilustrasi-ilustrasi tersebut buku ini akan membosankan.

Quote Pilihan

"Cinta sejati terlihat seperti kulit tangan yang tak semulus kelihatannya."

"Kita bukan hanya membutuhkan energi untuk bergerak. Namun, kita juga membutuhkan energi untuk berhenti."

"Jika kita hanya tertawa di hari-hari yang sempurna, maka selama kehidupan, kita tidak akan memiliki banyak hari yang terisi dengan suara tawa."

View all my reviews
 
 
Regards,

You Might Also Like

0 comments