BTS

Daftar Buku yang Dibaca Member BTS



Kalau teman-teman mengikuti feed Instagram dan Twitterku, kegiatan membacaku berpusat kepada buku-buku yang dibaca member BTS ataupun buku lainnya yang terinspirasi dari BTS itu sendiri. Kegiatan membaca ini aku jadikan challenge membaca bernama #whatBTSreads yang aku mulai tepat di awal tahun 2021.

Aku sudah memulai challenge ini di bulan Januari 2021 tapi sayangnya nggak berjalan mulus. Targetku membaca 3 buku rekomendasi BTS tapi hanya berhasil selesai 1. But anyway, aku akan tetap melanjutkan challenge itu. Kalau ada yang mau ikut boleh cek laman dan highlight stori IG ku ya.

Nah untuk aku sendiri bisa mengingat-ingat apa aja siyh buku-buku yang dibaca member BTS, aku membuat postingan ini. Sekalian membantu merekapitulasi daftar bacaan buku yang aku temukan di twitter dan searching di mbah google.

 

Buku yang Dibaca BTS

  • The Pied Paper of Hamelin oleh Robert Browning
    Inspirasi BTS untuk membuat lagu Pied Piper. Penerbit Mata Aksara menerbitkan retelling buku ini dalam terjemahan bahasa Indonesia dan menambahkannya sesuai relevansi saat ini. Namun didalamnya terdapat terjemahan dari cerita asli.
  • Keajaiban Toko Kelontong Namiya oleh Keigo Higashino
    Buku fantasi karya penulis Jepang ini dibaca oleh Jin, dan sempat disebutkan saat Muster 2019. Sudah diterjemahkan oleh Gramedia Pustaka Utama.
  • The Power of Language oleh Shin Do Hyun & Yoon Na Ru
    Buku nonfiksi yang dibaca oleh V, terlihat saat V membawanya di bandara tahun 2019. Sudah diterjemahkan oleh Penerbit Haru.
  • Reinventing Your Life oleh Jeffrey E. Young, Ph.D. dan Janet S. Klosko, Ph.D
    Merupakan buku self help yang pernah dibaca oleh RM dan Suga. Sudah diterjemahkan oleh Gramedia Pustaka Utama.
  • Jung's Map of The Soul oleh Murray Stein
    Inspirasi BTS membuat album Map of The Soul. Sudah diterjemahkan oleh Penerbit Shira Media.
  • Map of The Soul: Persona - Our Many Faces oleh Murray Stein
    Inspirasi BTS membuat album Map of The Soul. Sudah diterjemahkan oleh Penerbit Shira Media.
  • 1cm Between You and Me (Hugging Essay) oleh Kim Eun Ju
    Dibaca oleh Jung Kook. Sudah diterjemahkan oleh Penerbit Haru.

 

Aku masih belum menemukan thread asli dimana BTS dengan masing-masing personilnya membaca buku-buku tersebut tapi aku percaya dengan sumber yang aku dapatkan. Berikut ini beberapa sumbernya:

  1. Twitter Thread
  2. Blog Justjiha
  3. Blog Blum Notes
  4. Goodreads BTS Reads 


List ini aku buat sedikit demi sedikit ya, dan akan sering diupdate terus. Biar nggak kelamaan bikin satu blog post ini. Boleh ditambahin juga ya di kolom komentar, nanti akan aku update di postingan ini. Semisalnya ada yang salah pun mohon koreksinya. Oh dan jika ada yang punya thread asli, gambar, atau video yang menunjukkan member BTS membaca buku-buku tersebut, boleh poke aku ya. Nantinya di postingan ini mungkin akan aku tambahkan buku-buku yang dibuat karena terinspirasi dengan BTS. Kalau terkait teori lirik, nanti akan aku buatkan post khusus menyebutkan dari sumber mana saja yang membahas teori lirik lagu BTS.


Buku Untuk Semua Orang

Walau aku buat thread ini, bukan berarti buku-buku ini hanya bisa dibaca mereka-mereka yang menyukai BTS. Nope!! Buku-buku ini universal, dan bahkan bisa dinikmati oleh mereka-mereka yang mungkin tidak suka dengan BTS. Toh BTS ini kan juga pembaca. Mereka bukan yang membuat buku-buku tersebut. Hanya, dengan BTS membaca buku tersebut diakui bahwa buku-buku tersebut menjadi hype. Nggak hanya itu, dari beberapa buku yang dibaca ini bahkan yang menjadi inspirasi BTS untuk membuat lagu.

So, mari ikut challengenya dan membaca bersama.


Regards,

Sandrine JB

You Might Also Like

0 comments