28.4.20

10 K-drama Pilihan Sepanjang Masa yang Membuat Halu Semakin Hakiki


Sejak aku SMA, drama korea mulai merambah Indonesia dan
menjadi sangat booming bahkan hingga sampai sekarang. Bagi kita yang generasi
90-an, kita dulu paling dimanjakan dengan seri barat, drama China, drama Jepang,
dan telenovela. Siapa yang tidak ingat The X-files, Puteri Huan Zhu, Tokyo Love
Story, dan Rosalinda yang sangat dinantikan remaja masa itu.





Lalu ditahun 2000an, Korea mulai masuk membawa dramanya yang
segar sekaligus deraian air mata yang tidak berhenti dari episode-episode.
Sebut saja Endless Love dan Full House yang dulu menjadi kecintaan para anak
muda hingga ibu-ibu di tahun 2000 awal. Aku pun mulai tergila-gila dengan drama
korea sejak berkenalan dengan seri Full House.





Sejak tahun 2004 hingga kini aku masih terus mencintai drama
korea. Tapi sesungguhnya dalam 5 tahun belakangan aku tergolong jarang menonton
K-drama. Ada alasan tertentu dibalik ini. Setiap sehabis aku menyelesaikan satu
series yang ceritanya memang bagus banget, aku jadi gagal move-on
berkepanjangan terutama dengan aktor tampan kesukaan yang menjadi pemeran
utamanya. Dan gagal move-on ini pasti berubah menjadi halu berlarut-larut dan
membuat halu itu semakin hakiki.





Dan ini adalah 10 drama pilihanku bahwa Halu akan semakin hakiki setelah menonton K-drama





1. Full House (2004)





Full House (Soompi)




Film yang dibintangi oleh actor tampan Rain
dan aktris cantic Song Hye Kyo ini sangat digila-gilai para remaja saat itu.
Yang aku selalu ingat adalah scene joged lagu anak-anak yang di peragain mereka
sendiri. Itu paling memorable. Dan yang pasti uraian air mata yang menyertai
hampir di ujung kisah berakhirnya serial tersebut. Itu menyahat hati. Tapi,
ending yang happy saat itu amat sangat menghibur hati.





Ohya, saat itu, kita pasti amat sangat menunggu setiap tayang di TV. Aku jadi teringat, pernah pulang malam dari les bimbel cuman karena pengen nonton ini dulu karena pas banget jam tayangnya itu pas jam sesudah jam bimbel terakhir. Nah kalau pulang kerumah pasti nggak keburu karena jarak dari tempat bimbel kerumah bisa memakan waktu hampir dua jam. Jadilah nunggu nonton dulu baru pulang. Dan lucunya kebanyakan anak bimbelnya ya itu nonton dulu baru pulang :D





2. Coffee Prince (2007)





Coffee Prince (Soompi)




Waktu lagi getol-getolnya nonton K-drama atau K-Movie, saat seri yang satu ini rilis DVD nya langsung saja dong aku beli dan tonton. Seri ini diperankan si ganteng Gong Yoo dan si cantik Yoon Eun-hye. Apalagi saat itu juga kan pesona Yoon Eun-hye lagi dimana-mana pasca keboomingan Princess Hours. Di serial ini kan ceritanya juga Yoon Eun-hye menyamar jadi pria yang bekerja di coffee shop milik Gong Yoo tapi jatuh cinta. Dan ini yang bikin ceritanya menarik buatku. Ada komedinya, ada romantisnya, ada merindingnya, dan pasti ada tangis-tangisannya. Ahh jadi kangen pengen nonton drama ini lagi.





3. Shining Inheritance (2009)





Shining Inheritance (Soompi)




Disini lah pertama kali aku crush dengan Lee Seung-gi. Dan siapa siyh yang nggak tahu film ini. Film yang sangat nge-hype kala itu. Dan yang buat aku sangat tertarik ada di love hate relationship antara Lee Seung-gi dan Han Hyo-joo. Mereka saat itu menggemaskan sekaligus memprihatinkan. Sudah jadi tipikal K-drama kalau di awal-awal masih ada bumbu-bumbu komedinya lalu pas udah masuk pertengahan mulai menegangkan yang nanti berujung dengan tangisan dimana-mana.





4. Boys Over Flowers (2009)





Boys Over Flowers (Soompi)




Remake dari Meteor Garden versi Korea ini bagiku lebih menyentuh ditambah lagi aktor-aktornya pada tampan-tampan banget. Ini juga film yang membuat semua wanita jatuh cinta dengan Lee Min-ho. Ya bagaimana tidak ya. Semua orang sebelumnya sudah jatuh cinta banget sama Dao Ming Tse di versi Taiwannya, yang lalu ketemu versi Koreanya yang ganteng dan charming banget pasti udah barang tentu jatuh hati lah. Selain itu, aktris wanitanya Ku Hye-sun juga sangat apik menggambarkan tokoh Shan Cai si rumput liar. Jadi jatuh bangunnya kisah cinta Gu Jun-pyo dan Geum Jan-di itu nyata banget rasa sayangnya sekaligus rasa sakitnya.Kisah 25 episodenya yang panjang itu terasa pendek banget dan tahu-tahu udah selesai dan susah move on.





5. You’re Beautiful (2009)





You're Beautiful (Soompi)




Ini memang bukan series pertama Jang Keun-suk, tapi aku amat sangat menyukai peran yang dimainkannya disini. Menjadi anggota boyband yang bandel tapi terus bisa rapuh karena cinta itu rasanya menyakitkan namun romantis. Kisahnya disini siyh memang mirip-mirip Coffee Prince gitu siyh dimana ada cewek yang menyamar jadi cowok dan masuk dalam band tersebut yang berujung dari kisah percintaan antara Jang Geun-suk sang vokalis utama dengan Park Shin-hye yang menyamar jadi pria.





6. Secret Garden (2010)





Secret Garden (Soompi)




Mungkin memang series ini tidak se-booming kisah-kisah seri yang sudah beberapa disebutkan diatas. Tapi siapa siyh yang nggak tergila-gila dengan Hyun Bin. Ditambah lagi, diserial ini awalnya dibuka dengan pertukaran jiwa antara pria dan wanita pemeran utamanya yaitu Hyun Bin itu sendiri dan Ha Ji-won. Ini yang membuat mereka semakin banyak intrik, semakin dekat, dan juga semakin banyak konflik yang membawa tangisan. Di kisah ini juga yang membuatku makin sukalah ya sama Hyun Bin dan menobatkan dia sebagai “my most favorite K-drama actor.”





7. Cinderella’s Stepsister (2010)





Cinderella's Sister (Soompi)




Karena aku suka banget sama yang namanya fairy tale, jadi kalau ada cerita-cerita yang berbau-bau Disney princess pasti lah aku nonton. Untuk series kali ini menurut aku bisa dibilang lumayan kelam dan masuk ke kategori drama. Tidak banyak adegan komedi romantis nya karena memang lebih mengisahkan konflik antara kakak dan adik tiri termasuk kisah percintaan mereka masing-masing. Di series ini aku suka dengan si pemeran pertama pria Chun Jung-myung dengan karakternya yang pendiam tapi amat sangat melindungi dan peduli dengan Moon Geun-young si pemeran utama wanita yang susah senyum dan hidupnya kelam.





8. My Love From The Star (2013)





My Love From The Star (Soompi)




Siapa pecinta Kim Soo-hyun disini? Well, aku ya nggak terlalu ngefans banget sama seperti kayak Hyun Bin gitu, tapi karakternya di film ini amat sangat bikin jatuh cinta sekaligus patah hati yang bersamaan. Coba aja bayangin niyh ya, kamu seorang wanita yang punya banyak skandal tapi secara nggak sengaja dibantuin terus sama tetangga mu yang rupanya seorang lelaki tampan. Lalu kemudian kalian mulai dekat walau pada awalnya denying dan pada akhirnya tidak bisa bersatu karena kondisinya lelaki itu seorang Alien yang akan menghilang dan tidak bisa lagi tinggal di bumi. Apa perasaanmu? Pasti akan ikut hancur berkeping-keping seperti Jun Ji-hyun dalam seri tersebut.





9. What’s Wrong With Secretary Kim (2018)





What's Wrong With Secretary Kim (Soompi)




Setelah beberapa tahun nggak nonton K-drama (well pernah nonton beberapa tapi nggak dilanjutin karena nggak mood), tetiba pengen banget nonton yang satu ini karena katanya siyh ceritanya lain dan ditambah lagi ini kan adaptasi dari webtoon dan buku. Kala itu aku memang getol-getolnya untuk baca buku lagi. Jadilah ya nonton karena penasaran. Rupanya ceritanya memang manis banget dan ya jadi langsung jatuh cinta sama Park Seo-joon dan Park Min-young. Yang pastinya aku suka dari cerita ini adalah komedi romantis antara bos yang amat sangat jaim dengan sekretarisnya. Nah yang paling bikin terharu adalah ketika bos yang dingin nan jaim itu bisa nangis juga karena cintanya. Mamak ini langsung jadi gagal move-on dan pengen meluk dong yaaa.





10. Crash Landing on You (2019)





Crash Landing On You (Soompi)




Pasangan Hyun Bin dan Son Ye-jin ini
berhasil membuat milyaran penonton diseluruh dunia baper di awal tahun 2020
ini. Pasalnya cerita out-of-the-box yang ditawarkan dalam film ini berhasil
memikat pecinta drama Korea dimanapun berada. Ditambah lagi sekarang menjadi
jauh lebih mudah untuk para pecintanya dapat menikmati serial K-drama pilihan
lewat Netflix. Ini juga yang membuat mamak ini gagal move-on padahal abis binge
watch seri ini dalam tiga hari saja. Sebenarnya aku sudah tahu ada serial ini
dari hari pertama main dan apalagi pemerannya adalah Hyun-bin, tapi ya itu
mamak ini masih takut gagal move-on dan juga lagi banyak banget bahan bacaan
yang ingin dibaca dibanding nonton film atau seri.





Tapi entah kenapa akhir-akhir ini kok pengen nonton juga dan langsung kepikiran seri ini karena yang juga jadi perbincangan ramai di media sosial. Jadi okelah nonton. Ya sudah bener aja. Sampai postingan ini dirilis, aku masih gagal move on. Sampai saat ini masih suka cari potongan BTS dan still imagenya di Instagram. Kayaknya masih belum rela gitu nggak bisa nontonin Hyun Bin oppa lagi. Memang kalau udah jadi most fave kdrama crush tetep jadi crush walaupun udah jarang-jarang juga nontonin film atau serinya (kayak yang Memories of Alhambra sebenarnya aku mau nonton karena Hyun Bin tapi karena tahu endingnya aneh aku nggak jadi nonton, walau sekarang jadinya malah pengen nonton itu karena masih kangen sama Hyun Bin oppa). Tapi aku sangat mengakui ceritanya ini amat sangat berbeda dan sekaligus Indah. Udah ceritanya berbeda, lokasinya Indah, pemeran utamanya ganteng, ya makin menguatkanku kalo Halu itu hakiki :D.





Terlihatkan kalau dalam beberapa tahun terakhir ini aku
memang jarang nonton K-drama, bahkan seri seperti Descendants of the Sun,
Goblin, dan The Legend of the Blue Sea yang ratingnya tinggi aja nggak
tertonton karena takut baper dan susah move on hahahahaha.





Bagaimana denganmu sendiri? Apakah kamu tergolong yang susah move on dari kebaperan K-drama? Drama apa yang paling menjadi favoritmu?





Regards,






6 komentar:

  1. Sebagai penonton kdrama yang baru lahir kemarin sore, baru nonton ke-2 dari bawah.
    Hahaha.

    Reply 1988 sukaaaaa.
    DOTS juga ding.

    Eh tapi sekarang yang bagus Itaewon Class. :))

    BalasHapus
  2. Ehehehe aku malah udah nggak terlalu ngikutin k-Drama lagi 7 tahun kebelakang. Yang dua dibawah karena ikutin hype sama favorit aktor aja hahahaha. Kayaknya harus nonton Reply 1988 niyh... Eh DOTS apa ya?

    BalasHapus
  3. Descendants of the sun, Mbaaaa

    BalasHapus
  4. […] the above, you can access my podcasts on:Apple  ||  Google  ||  Pocket Casts  ||  Breaker  ||  Radio […]

    BalasHapus
  5. […] ini agak kendor. Masuk dunia kerja kegiatan membacaku jadi lebih kendor lagi. Maraknya seri drama korea dan TV series lainnya membuat waktu senggangku habis dipakai untuk “binge watch” segala […]

    BalasHapus
  6. […] the above, you can access my podcasts on:Apple  ||  Google  ||  Pocket Casts  ||  Breaker  ||  Radio […]

    BalasHapus

About

authorHello, my name is Sandrine. I'm a working mom who loves to read and wander.
Learn More →



Total Tayangan Halaman