Review: The Power of Language

by - Selasa, Februari 09, 2021

   


The Power of Language

The Power of Language by Shin Do Hyun
My rating: 3 of 5 stars

Buku pertama dari challenge #whatBTSreads di tahun 2021.

Tentang Buku
"The Power of Language" merupakan buku dengan genre self-improvement karangan Shin Do-hyun dan Yoon Na-ru yang membahas tentang bagaimana kecakapan berbahasa dalam komunikasi. Ada 8 tahap berkomunikasi yang dipaparkan dalam buku ini. Kesemuanya diulas berdasarkan kisah klasik barat dan timur dari berbagai filsuf terkenal. Buku ini ingin menunjukkan beberapa tipe komunikasi dan apakah komunikasi kita selama ini bermakna atau tidak.

Opini Terhadap Isi Buku
Cukup mengecewakan karena awalnya aku sangat excited membaca buku ini. Hype buku ini karena pernah dibaca "V" BTS menurutku worth siyh tapi sayangnya aku kurang suka.

Kurasa ini memang karena aku kurang begitu bisa memahami hal-hal yang berbau filsafat (kecuali aku mau mengulangnya dan menekuninya). Aku memang tergolong orang yang jarang membaca buku non-fiksi tapi aku lebih cocok dengan buku yang lebih lugas pembahasannya dibandingkan bermain dengan filsafat.

Aku memang tidak mengharapkan adanya tips-tips berkomunikasi. Menurutku apa yang dibahas di buku ini sudah tepat yaitu melihat bagaimana komunikasi itu berpengaruh dalam keseharian kita sehingga manner dalam berkomunikasi itu perlu dijaga.

Hanya saja penggunaan bahasanya banyak yang berulang dan memiliki ide yang hampir sama antara beberapa lompatan chapter. Sehingga ini yang membuatku bosan di beberapa chapter, apalagi saat chapter-chapter awal.

Tapi hal yang paling aku suka dan ingat (dan menurutku ini kesimpulan yang aku dapat dari buku ini) bahwa:

"Dengan sepatah kata, kita bisa melunasi hutang seribu tahun, sekaligus memeri luka yang membekas selamanya."

Sehingga untuk bisa "berkomunikasi" yang baik kita butuh pendalaman terhadap 8 tahap:
Pengembangan diri --> Sudut Pandang --> Kecerdasan --> Kreativitas --> Menyimak --> Pertanyaan --> Gaya Berbicara --> Kebebasan

Kesan Terhadap Desain Buku
Selain karena pernah dibaca member BTS, yang membuatku tertarik adalah cover terjemahan yang nuansa putih. Aku sering menghindari beli cover warna putih karena gampang kotor, tapi aku sangat menyukai cover yang didominasi oleh warna putih. Di covernya pun memiliki gambar mangkuk putih yang minimalis. Ini berhubungan dengan penganalogian berbahasa dan berkomunikasi yaitu "mangkuk kata-kata". Dan ini cantik sekali.

Masuk lebih kedalam buku, memiliki judul pembatas halaman dengan nuansa biru, bahkan setiap tahap memiliki logo bab tersendiri dengan cetakan biru. Aku jadi penasaran sama buku aslinya, apakah memang ada gambar serupa? Dan masih penasaran aja apa artinya dimana aku belum ketemu jawabannya.

Btw setelah aku cari tahu, ternyata pengarang buku ini artis muda ya?? Wah padahal awalnya aku pikir seorang bapak-bapak filsuf. Itulah mengapa kita tidak boleh judge the book by its cover ya.

View all my reviews


 

Regards,

Sandrine JB

You May Also Like

0 Comments